Breaking

Sunday, October 1, 2017

Laptop menyala tetapi tidak booting

Mungkin bebrapa orang tidak tahu bahkan tidak mau tahu bila laptopnya bootingnya lama bahkan sampai tidak masuk windows karena menganggap itu wajar. Namun ada beberapa penyebab yang sewajarnya masih bisa diperbaiki sendiri tanpa pergi ke tukang servis dan menghabiskan banyak biaya.
Berikut beberapa penyebab laptop tidak mau booting padahal kondisi menyala normal

1. Adanya tombol yang ter-tekan
Pada beberapa laptop akan berbunyi beep secara terus menerus dan mengakibatkan loading lambat saat booting windows. Nah disini perlu diketahui bahwa penyebab bunyi tersebut ialah berasal dari tombol yang tertekan.

Antara lain tombol yang sering tertekan otomatis ialah ENTER,HOME,DELETE dan tidak jarang huruf yang tertekan. Untuk menangani hal tersebut bisa dengan membersihkan keyboard dengan blower, bila pelu bersihkan hingga bagian socket keyboardnya.

2. RAM laptop kotor
Tentunya RAM adalah hardware yang penting pada laptop, biasanya kondisi ini menyebabkan laptop menyala tetapi layar blank. Solusinya coba cek RAM apakah kendor atau rusak. Untuk memmbersihkan bagian kuningan RAM bisa menggunakan penghapus pensil.

3. BIOS corrupt/rusak.
Untuk masalah ini mungkin benar-benar harus dibawa ke tempat servis komputer. BIOS sendiri menjadi bagian penting saat booting, tanpa adanya BIOS tentunya tidak akan ada BOOTING. Gejala yang ditimbulkan hampir sama seperti RAM, tetapi apabila di ukur tegangannya pasti akan berbeda. Hal yang perlu dilakukan adalah flash BIOS pada laptop itu sendiri, tentunya menggunakan peralatan khusus.Saya sarankan agar dibawa ke tempat servis untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment